Destructor Pada C++

Destructor Pada C++ -- Berbeda dengan contructor yang berfungsi sebagai  sebuah kelas yang bertanggung jawab dalam membuat objek baru, maka Destructor berfungsi untuk menghancurkan object pada saat object tersebut sudah tidak terpakai. Destructor ini akan selalu dipanggil ketika object sudah tidak digunakan al hasil membebaskan kembali memori yang kita gunakan.

Untuk lebih jelas perhatikan contoh program berikut ini, program ini seperti biasa menggunakan program Microsoft Office Studio 2013, atau jika kalian memiliki compiler lain bisa mengganti int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[]) menjadi int main() dan menghapus #include "stdafx.h" agar tidak terjadi error.

// Destructor.cpp : Defines the entry point for the console application.
//

#include "stdafx.h"
#include <iostream>
using namespace std;

class CCube
{
public:
explicit CCube(double panjang, double lebar, double tinggi) :m_panjang(panjang), m_lebar(lebar), m_tinggi(tinggi)
{

}

~CCube()
{
cout << "Destructor Called" << endl;
}

CCube()
{
cout << "Default Contructor" << endl;
m_panjang=m_lebar=m_tinggi=5.0;
}
double volume()
{
return m_panjang*m_lebar*m_tinggi;
}

bool compare(CCube xCube)
{
return this->volume() > xCube.volume();
}

private:
double m_panjang;
double m_lebar;
double m_tinggi;
};

int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[])
{
CCube balok1;
double volume;

volume = balok1.volume();
cout << endl << "Volume Balok = " << volume << "m3" << endl;
cout << "\nwww.bantubelajar.com" << endl;
return 0;
}

Lalu Klik Debug => Start Without Debugging atau Kombinasi keyboard Ctrl + F5 dan hasilnya akan seperti ini :

Destructor Pada C++

Itulah penjelasan mengenai Destructor Pada C++. Semoga bermanfaat.